Pilkades Serentak Digelar di Hari Sumpah Pemuda

Pilkades Serentak Digelar di Hari Sumpah Pemuda

INILAH, Bogor – Hari sumpah pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober dimanfaatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor dengan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.
 
Kepala DPMD Deni Ardiyana mengatakan tahun 2018 ini ada 19 desa di 12 kecamatan di Bumi Tegar Beriman yang akan menggelar Pilkades. Oleh karena itu jajarannya segera membentuk panitia.
 
“Beberapa waktu lalu saya rapat dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk membentuk panitia Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada Minggu (28/10),” kata Deni Ardiana, Jumat (27/7).
 
Dia menerangkan usai membentuk panitia Pilkades serentak maka semua pihak yang terlibat akan menghitung daftar pemilih tetap (DPT) di 19 desa tersebut.
 
“Pelaksanaan persiapan Pilkades serentak ini kita lakukan sesuai tahapan. Usai membentuk dan melantik panitia Pilkades serentak, kami akan menghitung jumlah DPT serta menghitung jumlah anggaran yang dibutuhkan,” terangnya.
 
Deni menjelaskan anggaran Pilkades serentak sumber pendanaannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
 
“Kami akan menghitung berapa jumlah DPT di 19 desa lalu perkepala kami hitung Rp15 ribu. Nanti besar anggaran tersebut ditambah dengan biaya operasional panitia Pilkades. Dalam Pilkades serentak ini kami tak melibatkan komisi pemilihan umum (KPU) dan panitia pengawasan pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor karena berbeda mekanisme,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu